Kamis, 04 Maret 2010

Antologi Puisi Siswa Kelas V SDN. Perumnas 1

Cahaya Matahari

Karya : Viska Tri O


Matahari

Kau menerangi dunia

Dengan cahayamu

Dunia ini akan terang


Di pagi hari kau terbit

Di sore hari kau terbenam

Cerah dunia ini, karenamu.


Matahari

Dunia ini akan terbang bila ada kamu

Bila dunia ini tanpamu

Dunia ini akan gelap gulita


Tasikmalaya, 03-03-2010


Mengapa Terjadi?

Karya : Salsabila R. A.


Mengapa terjadi? Mengapa?

Bumi ini mengapa jadi begini?

Kulihat banyak sekali kain kapan berjajaran

Kulihat banyak sekali korban berjatuhan


Gempa terjadi dimana-mana

Hujan deras yang menjadi banjir


Oh Tuhan, tolonglah kami

Maafkan dosa-dosa kami

Kami mengaku

Membuang sampah sembarangan


Apakah ini akibatnya?

Tuhan aku berjanji

Akan merawat baik bumi ini

Tapi mengapa?

Mengapa ini terjadi Tuhan?


Tasikmalaya, 03-03-2010


Bunda

Karya : Yusrina Nur A.


Bunda

Sembilan bulan kau mengandungku

Dan kau telah melahirkanku ke dunia

Kau tak kenal lelah mengasuhku siang-malam


Bunda

Betapa besar jasamu

Bagaimana aku membalas jasamu itu?

Jasamu sangat berharga sekali


Tasikmalaya, 03-03-2010


Guru

Karya : Nadya R. J.


Guru

Hatimu sungguh tulus

Engkau membeiku ilmu


Oh, Guru

Begitu besar jasamu

Apakah aku bisa membalas jasamu


Guru

Engkau bagaikan malaikat

Yang memberiku ilmu


Guru

Hatimu sungguh mulia

Jasamu tak ‘kan terbalas


Tasikmalaya, 03-03-2010


Air

Karya : Yunia Rochmi


Begitu bening warnamu

Putih berseri indah dilihat

Tak bisa aku memegangmu

Aku hanya bisa memakai dan melihatmu


Wahai air

Engkau sangat berguna bagi kita semua

Dari mulai mandi, minum dan masih banyak lagi

Terimakasih Tuhan, engkau memberkahi air untukku


Engkau tergelincir ke tempat yang rendah

Tubuhku bersih, itu karenamu

Aku tidak kehausan, itu karenamu

Terimakasih air


Tasikmalaya, 03-03-2010


Lebah

Karya : Calvin


Alangkah cantik kau berterbangan

Terbang diantara bunga-bunga

Bermain-main sama kawanmu

Kadang kulihat engkau berayun


Diantara daun-daun

Atau kulihat ke tempat tinggalmu


Lebah

Alangkah senang aku melihatmu

Berterbangan di antara pohon

Bagaikan raja dan puteri

Bagiku, kau binatang yang terindah


Meskipun dulu sempat disengat

Namun, tetap kusuka


Lebah

Kau banyak berjasa

Kepada penjual madu

Engkaulah satu-satunya penghasil madu


Tasikmalaya, 03-03-2010


Bunga

Karya : Sarah


Alangkah harum engkau

Warnamu indah dan cantik


Bunga

Warna dan harummu

Aku ingin sepertimu


Bunga

Engkau tumbuh di taman

Yang sejuk

Hingga semua oang menyukaimu


Tasikmalaya, 03-03-2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar